Rahasia Jurus Penulis Pemula Bisa Merasa Bahwa Menulis Itu Mudah Dan Mampu Menghasilkan Ribuan Lembar Tulisan Dengan Mudah

Senin, 29 Juni 2009

Menulis itu susah. Bikin dahi mengkerut. Bikin Tangan Terdiam.Bikin mulut terkunci. Sebelum satu kata muncul, kengganan sudah datang menghampiri. Akhirnya...........................menulis kelaut aje.

Begitu susahkah menulis? Apakah menulis itu karena bakat? Pertanyaan ini menarik untuk kita simak dan kita cari jawabannya.

Tradisi menulis orang Indonesia sangat jauh ketinggalan dibanding negera lainnya khususnya negara maju seperti Amerika. (jangan tersinggung yaaa!!). Kita bisa lihat secara riil dengan melihat buku-buku yang dipajang di rak-rak toko buku. Di sana akan anda lihat buku-buku karangan penulis-penulis Indonesia. Lalu periksalah lagi setelah tahun berikutnya. Anda akan menjumpai bahwa nama-nama yang muncul dalam buku-bku tersebut masih sekitar nama-nama tahun seblumnya. Meskipun ada itipun sekitar satu atau dua orang. Bisa dihitung dengan jari.

Realita ini memang belum tentu seratus persen benar. Anda boleh setuju atau tidak dengan ungkapan tadi. Namun setidaknya itulah hasil pengamatan saya tahun-tahun sebelumnya. Sekarang saya sedikit merasa bangga karena perbukuan atau dunia tulis-menulis makin mengeliat bangun dari tidur panjangnya. Anda bisa lihat sudah banyak pameran-pameran buku diselenggarakan.

Menulis tidak lah sesulit yang dibayangkan, bukan pula karena adanya bakat. Ini salah besar. Yang benar adalah menulis hanya butuh latihan. Ya......saya tisak salah menyebutnya yakni latihan. Semudah itu. Anda tidak perlu berdebat sengit dengan anda. Lagi pula buat apa berdebat jika Anda belum membuktkan sendiri. Saya hanya minta kepada Anda untuk coba menulis ulang tulisan atau artikel siapa saja minimal seratus kali. Atau tulisan anda sendiri juga tidak apa-apa. Ini saja cara pembuktiannya. Saya sebagai salah satu penulis pemula telah menulis lebih dari seribu kali, atau lebih dari 1000 lembar A4 tulisan tangan dari seluruh jenis tulisan baik yang serius maupuan yang tidak serius. Anda bisa melihat bagaimana rahasia menulis artikel super cepat. Setelah anda menulis yang ke 101 atau bahkan kurang dari 100, anda akan merasakan sendiri dan bisa menjawab dengan lantang , tegas dan percaya diri bahwa menulis itu mudah dan tidak perlu bakat.

Anda bisa membaca kisah J.K rowling yang justru menulis karena kepepet masalah financial/ongkos hidup lalu ia menulis dan akhirnya kaya raya dari menulis. Tentu Anda sangat tahu apa bukunya? Ya .....Harry Fotter. Sebuah imajinasi yang luar biasa. Saya kira Anda tidak perlu kepepet dulu untuk mulai menulis...he..he..

Dengan menulis maka tulisan itu abadi, dibaca orang oleh lintas generasi. Maka sekalipun kita sudah tidak ada, kita tetap bisa membantu orang dan memberi manfaat kepada orang lewat tulisan-utulisan kita. Apakah anda pernah melihat Kitab Kumpulan Hadits Shahih Bukhari-Mulsim, Kitab Alghazali, Kitab Albarjanji, dll. Masih adakah orang? Tentu anda sudah tahu bahwa mereka sudah tiada ratusan bahkan ribuan tahun silam. Apakah Anda pernah bertemu dengan mereka? Saya yakin anda pasti menjawab belum. Kemana anda merujuk dan manut tatkala ada masalah mengenai tatacara ibadah saya yakin pasti Anda mengacu kepada Shahih bukhari-muslim. Ini menunjukkan bahwa meskipun mereka sudah tidak Ada tetapi mereka masih bisa memberi nasehat, tuntunan dan penerangan kepada orang yang masih hidup.

Anda ingin kaya maka Anda bisa meraihnya lewat tulisan. Tahun 2009 ini anda akan menyaksikan artikel ajaib, artikel keberuntungan, yang membuat penulisnya mendapatkan uang 12 juta hanya dari sebuah tulisan yang tidak lebih dari 2 lembar A4. Seperti apakah artikel bernilai 12 juta? Anda akan segera lihat.

Anda bisa belajar kepada kisah J.K Rowling, Aa Gym (Abdullah Gymnastiar) , Ary Ginajar Agustian, Tung Desem Waringin, Andri Wongso, Bambang Trim, Abu Al Ghifari (Toha Nashrudin), Robert T. Kiyosaki, dan sebagainya. Anda juga bisa melihat atau meniru Joko Susilo yang menulis buku elektronik (Ebook) yang dijual lewat internet.

Bahan dan tema tulisan sangat buaaanyak sekali. Anda bisa menulis apa saja baik khayalan, dongeng , cerita dan termasuk tulisan fiksi lainnya. Maupun menulis tentang cara-cara membuat sesuatu, cara melakukan sesuatu, cara menjual sesuatu, panduan memeihara ternak, menulis biografi, menulis bahan pelajaran, menulis, kisah sukses,menulis tentang motivasi, dan tulisan non fiksi lainnya.

Thomas Alfa Edison mengatakan,”Genius itu; 1% Inspirasi, dan 99% cucuran keringat.”
Karena itu jika Anda punya ide maka genggam erat-erat ide itu dan lanjutkan dengan tindakan, realisasi yang sungguh-sungguh. Karenanya Stop Dreaming Start Action.

Kesuksesan sebenarnya tidak datang pernah datang terlambat. Yang sering terlambat justru manusia sendiri karena terlalu banyak berfikir hegatif. Kesuksesan layaknya waktu yang terus berjalan bersama orang-orang yang tekun, loyal dan penuh disiplin. Kesuksesan datang kepada meraka yang berusaha mendapatkannya bukan pada mereka yang merngharapkannya. Karenanya mau apalagi Stop Dreaming Start Action.

Tidak ada penulis professional yang langsung profesional tanpa melalui tahapan pemula dulu. Hari ini pemula, maka esok lusa akan jadi professional jika terus memupuk diri, belajar dan berlatih. Layaknya pohon yang kecil, jika terus dipupuk akan besar dan berbuah.

Jurus ampuh yang menjadi kuncinya adalah latihan…..latihan…...latihan. Semakin sering latihan maka Anda sering mengulang. Jika sering mengulang maka akan terbentuk kebiasaan. Jika sudah biasa maka dengan lantang , tegas dan percaya diri Anda akan mengatakan bahwa menulis itu mudah dan tidak perlu bakat.

Salah satu kunci yang memudahkan anda untuk menulis maka anda harus punya banyak bahan untuk ditulis. Bahan itu bisa didapat dari membaca. Semakin banyak bahan tulisan yang ingin anda miliki maka berarti haru banyak membaca. Dan ini akan nyambung dengan kata-kata yang cukup populer. Buku adalah gudang ilmu, Kuncinya adalah membaca.

Sekian artikel ini dari saya...jangan lupa komentarnya untuk menangapi Artikel ini.

Jalan-jalan beli ke Cikupa
Melihat Aming memakai Balngkon
Wahai Teman Jangan Lupa
Stop Dreaming Start Action

Artikel menarik lainnya yang masih berhubungan :


Artikel Terbaru :

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP